Sabtu, 07 Juli 2012

Saya Malu,..


Minggu, 8 Juli 2012
Pagi ini saya sudah dibuat berpikir oleh sesuatu. Kemarin saat saya buka facebook. Ada iklan dari salah satu self publishing yang sudah cukup terkenal. Self publishing tersebut mengiklankan sebuah buku novel religi. Saat melihat nama penulisnya, dan ternyata itu Kakak tingkat saya di kampus.
Deg! Saya mendadak merasa sangat kecil, sangat kerdil. Entah kenapa, saya merasa malu pada diri saya sendiri. Selama ini saya mengikuti berbagai komunitas dan grup kepenulisan, tapi saya sama sekali belum bisa menghasilkan karya. Kalaupun bisa itu hanya sekedar cerpen-cerpen.
Novel? Novel yang saya coba buat malah terbengkalai.
Saya malu karena saya yang aktif di berbagai komunitas menulis sama sekali tidak memiliki karya nyata berupa novel. Tapi dia? Dia dalam diamnya ternyata menghasilkan sebuah karya. Saya jadi merutuki diri saya sendiri karena terkadang masih mengandalkan mood untuk menulis. Jika sedang tidak mood ya sudah tidak akan ada tulisan yang saya hasilkan.
Sebenarnya ini bukan kali pertama saya merasa malu pada diri saya sendiri. Seringkali jika melihat teman penulis yang sudah bisa menerbitakan novel saya merasa malu dan iri (sedikit) terlebih jika saat saya ke toko buku dan membaca deretan novel karya teman saya. Uuh, rasanya ingin menghilang saja.
Tapi kali ini perasaan malu itu hadir berlipat-lipat. Entah, mungkin karena saya cukup mengenal dekat dengan Kakak tingkat saya tersebut. Dan lagi, dia bisa menerbitkan novel karena dari penerbitnya yang minta. Dia sama sekali tidak “berusaha” menerbitkan tulisannya. Tapi justru penerbit yang tertarik dengan tulisan dia, keren, kan?
Sepertinya saya harus belajar banyak dari dia, saya harus bisa menghilangkan sifat moddy akut saya, saya harus bisa konsisten dengan janji pada diri saya sendiri.
Tapi, saya yakin. Suatu saat nanti, saya juga bisa melihat nama saya ada di deretan novel di toko buku. Amiiiinnnnnnn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar